Langsung ke konten utama

Featured post

Menguasai Stres dalam Karir yang Dinamis: Kunci Sukses Berbasis Neurosains untuk Kesuksesan Profesional di Lingkungan Kerja

  Stres adalah sesuatu yang tak terhindarkan dalam kehidupan kita, terutama di dunia profesional yang penuh tekanan. Namun, tahukah rekan-rekan profesional bahwa stres bisa menjadi senjata makan tuan, merusak kesehatan fisik dan mental kita? Ini bukanlah sekadar omong kosong. Stres yang kronis atau tidak terkendali dapat menghancurkan produktivitas kita , meningkatkan ketidakhadiran, dan bahkan meningkatkan risiko kecelakaan di tempat kerja. Pertanyaannya adalah, bagaimana kita bisa mengatasi ini? Ada satu jawaban yang menarik: Neurosains atau keilmuan saraf serta otak . Melalui pe maham an bagaimana otak kita merespons stres, maka kita bisa mengendalikannya dengan lebih efektif. Ketika rekan-rekan profesional merasakan stress fisik dan psikologis , otak akan melepaskan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Ini adalah persiapan tubuh kita untuk menghadapi ancaman. Ini adalah rekasi berantai yang dimulai teraktifkannya bagian otak, yaitu amidgala. Organ ini berfungsi menga

DISKURSUS KEMATIAN DAN KIAMAT DALAM PESPEKTIK KEILMUAN SAINS


Agus Syarifudin

Tulisan ini adalah sebuah hasil perenungan dan diskusi hebat  atas meninggalnya sahabat saya.  Seorang sahabat yang telah mengisi kehidupan saya di masa kuliah dulu, di Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia. Namanya adalah Fajar Wahyudiarto.  Biarlah tulisan ini mengenang semua hal baik yang telah beliau lakukan sepanjang hidupnya.  Khususnya bagi saya adalah bagaimana dia menjadi pribadi yang suka menolong, lembut, penuh kasih sayang tulus, humoris, rajin, dan pekerja keras.  Sebuah pribadi paripurna dari seorang mahasiswa yang bergulat dengan berbagai permasalahan di perkuliahan yang penuh dengan kompetisi hebat, yaitu di Universitas Indonesia. 

Kami pernah tidur di kamar yang sama, mengerjakan tugas dalam kelompok yang sama, dan berada di kelas yang sama. Suka duka kami lalui bersama.  Senang, sedih dan kebahagiaan begitu kental kami rasakan, karena memang angkatan kami sangat kecil. Hanya berjumlah 31 mahasiswa, dan mayoritas adalah perempuan.  Dimana kami sebagai pria selalu diminta tolong oleh kaum hawa karena budaya timur yang menganggap pria adalah pelindung kaum perempuan. 

Kepergian sahabat saya itu begitu mendadak karena sakit hebat.  Padahal beberapa minggu sebelumnya, kami bertemu dalam acara buka puasa bersama di bulan Ramadhan.  Acara reunian yang dilakukan di Mall Kota Kasablanka, di daerah Jakarta.  Kami berecengkrama hinga berjam-jam dan saling bercerita apa yang telah dilakukan dan sedang dilakukan.  Saling up date akan kegiatan masing-masing.  Sungguh kebahagiaan tak berperi saat itu, bertemu dengan rekan kuliah dan membagi momen kebahagiaan serta pencapaian pribadi masing-masing kepada rekan-rekan di kuliah masa lalu. 

Namun takdir berkata lain.  Beliau pergi meninggalkan kamii begitu cepat.  Dan beliau belum menikah.  Usianya pun masih sangat muda. Dan beliau pun belum mencapai usia 40 tahun.  Dimana usia paripurna dari seorang manusia dalam wujud kematangan dan kedewasaan.  Kami seangkatan bergulat dengan duka yang hebat karena kepergian mendadak beliau.  Semua sedih dan menangis karena kepergian beliau tanpa mengucapkan pamit.  Bahkan, kami semua tidak diberi kesempatan oleh yang kuasa untuk melihat wajah terakhirnya sebelum dikafani dan ditutup makamnya dengan tanah yang masih merah. Sedih yang tiada berperi.  Luka yang sangat dalam.  Entah kapan, luka ini akan sembuh.  Namun kami seangakatan yang tergabung dalam grup Whatsapp saling menguatkan.  Berbagai komentar datang silih berganti, saling menguatkan dan memberikan semnagat kepada pribadi-pribadi yang sedang sedih dan berupaya bangkit, serta menjalani kehidupan untuk tetap normatif dan produktif. 

Goresan percakapan dalam ketikan selalu berujung kepasarahan dan ketakutan akan kematian.  Bagaimana nanti kematian menjemput, dan semoga amalan nanti dapat menolong di dunia akhirat. Sebuah konsepsi abstrak dan tidak dapat dijelaskan dengan runut karena berbentuk dogma agama. Sebuah kepastian! Bukan sebuah dinamika yang penuh lika liku dan diskursus akan layaknya kehidupan yang penuh ketidakpastian. 

Melalui tulisan ini, saya mencoba menjelaskan bagaimana sebuah kehidupan itu adalah sebuah siklus energi. Sebuah hasil mahakarya yang penuh kesempurnaan dan dinamika yang tiada henti terus bergerak, seiring kehidupan lain masih tersisa di bumi.  Bagaimana hal ini dijelaskan dalam keilmuan Fisika sebagai sebuah konsepsi bertemakan energi.

Cerita dari tulisan ini mencoba menjelaskan bahwa ruh yang ditiupkan oleh sang pencipta adalah suatu bentuk energi.  Energi yang suci. Dari manakah energi itu? Yang jelas energi adalah suatu bentuk abstrak dari keilmuan fisika, dimana dapat dirasakan, diukur, namun bentuknya masih diperdebatkan.  Ada yang berbentuk atom dan sub atom sebagai penyusun atom.   Ketika berbicara atom, maka akan berbicara unsur dan berlanjut kepada molekul, serta wujud dari benda, yaitu apakah itu padat, cair, dan gas.  Dan manusia memiliki semua wujud dari benda itu, yaitu padat, cair, dan gas. Mereka berkumpul jadi satu dalam suatu benda, yaitu tubuh manunia. 

Namun demikian, ada suatu energi yang begitu besar, yang mampu menggerakkan, memotivasi, dan membuatnya tumbuh dan berkembang sebagai suatu benda hidup. Hal ini dijelaskan dalam keilmuan Biologi.  Bagaimana benda itu hidup! Dibedakan dengan benda mati.  Mereka dapat tumbuh dan berkembang.  Sel-sel dibentuk dari mekanisme reaksi fisika dan kimia kemudian memiliki kemampuan tumbuh dan berkembang, dimana itu yang membedakan antara benda mati dan benda hidup.  Energi itu begitu besar hingga mampu menggerakkan semua sel, jaringan, organ, dan sistem organ dari tubuh manusia.  Kemudian manusia sebagai mahluk sosial saling beinteraksi untuk memenuhi kebutuhannya, dimana pada akhirnya manusia tidak dapat hidup tanpa kehadiran manusia lain untuk memenuhi semua kebutuhannya, baik fisik maupun batin.  Kebutuhan ifisik dan kebutuhan psikologis!

Psikologis adalah bagaimana otak bekerja mengolah pikiran, perasaan, dan perilaku hingga berdampak kepada setiap aktivitas manusia secara pribadi dan sosial.  Bagaiama psikologis ini begitu dahsyat hingga dapat mempengaruhi sistem organ di bawah otak.  Hingga timbul suatu pemeo, di dalam tubuh yang sehat maka ada jiwa yang kuat.  Di dalam pikiran, perasaan, dan perilaku yang sehat,normati,dan produktif maka terdapat tubuh dan sistem biologis yang sehat.  Temuan terakhir dari keilmuan kesehatan juga membuktikan bahwa keadaan psikis yang paripurna akan menghambat penyakit karena terkait dengan sistem kekebalan tubuh.  Bagaimana menjaga ruh, yaitu hasil olah pikir dan perasaan yang bahagia dan penuh dengan keceriaan yang terkendali, normatif, dan produktif, maka akan menjauhkan dari penyakit. 

Namun di sisi lain, namanya kehidupan pasti memiliki akhir, yaitu kematian.  Bagaiama sel itu tidak mampu lagi untuk tumbuh dan berkembang.  Karena hal ini terkunci dari kode genetik yang ada pada gen di setiap sel, dimana sudah ada kitab informasi yaitu adanya pembatasan dimana sel berhenti untuk tumbuh dan berkembang.  Segala reaksi kimia, fisika, dan biologi menjadi melambat dan akhirnya terhenti secara alamiah.  Itulah proses penuaan dan penurunan fungsi tubuh.  Dan ketika hal ini terhenti secara alamiah, maka itulah yang dinamakan kematian.  Fungsi semua tubuh terhenti. 

Dapat diambil pemahaman sederhana, bahwa gen adalah suatu bentuk kitab secara biologis bagaimana individu sebagai mahluk yang hidup, tumbuh, dan berkembang mengalami perjalanan biologisnya dari semua bentuk reaksi kimia, fisika, dan biologis yang tejadi dari tingkatan sel. Dimana tingkatan sel ini akan tumbuh dan berkembang menjadi tingkatan jaringan, organ, dan sistem organ, hingga tubuh manusia.  Kemudian semua sistem itu dikendalikan oleh otak sebagai organ terluhur dan tertinggi.  Organ ini menjalankan fungsi sebagai command control  yang mengendalikan semua kerja pada tingkatan organ dan akan mempengaruhi hingga tingkatan seluler. Sungguh suatu mekanisme kerja yang komplek dan dan saling mempengaruhi.  Hingga tingkatan gen pun dapat berubah karena reaksi kimia, fisika, dan biologis sebagai akibat interaksi mahluk hidup dengan lingkungan hidup (biotik) dan lingkungan tak hidup (abiotik). 

Ketika semua fungsi terhenti, maka energi yang ada ditubuh pun melenyap.  Energi itu berpindah entah kemana.  Energi yang begitu besar dan mampu menciptakan kehidupan baru dalam bentuk reproduksi. Suatu fungsi untuk melanjutkan keturunan dan cerita dari leluhur terkait apa yang telah dan akan dilakukan di masa mendatang.  Meceritakan sejarah dan mimpi yang akan diwujudkan baik oleh individu ataupun keturunannya. Inilah proses penerusan energi yang berkelanjutan dalam wujud cerita, budaya, dan teknologi, hingga berwujud beradaban manusia.

Kembali kepada hukum Fisika, bahwa enegi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan.  Energi tidak hilang namun berubah bentuk.  Ruh sebagai bentuk energi akan berubah bentuk ketika kematian datang. Pancaran energi dalam bentuk radiasi dan gelombang akan berubah.  Saat tubuh mati, pancaran dari radiasi dan gelombang itu lenyap, hilang! Kemanakah energi itu akan pergi?  Tiada yang tahu kemana energi itu berpindah dan berubah bentuk, hingga berubah wujud.  Namun satu hal yang pasti bahwa energi itu tetap ada di semesta ini.  Energi itu pun telah menorehkan jejak berupa jejak-jejak bekas pancaran radiasi dan gelombang yang tercetak di semua benda yang pernah berinteraksi dengan indvidu tersebut. 

Di sisi lain, dalam keilmuan fisika disebutkan bahwa sistem fisika itu adalah sistem yang dinamis.  Sistem fisika yang hidup adalah sistem yang selalu tumbuh dan bergerak. Tidak pernah sempurna namun selalu menuju kesempurnaan.  Ketika sebuah sistem fisika sempurna, maka sistem itu runtuh! Bukan meluruh atau runtuh bertahap, namun runtuh sekejap. Dan itu adalah katastropik dimana sistem tersebut berusaha memperbaiki dengan hebat untuk menuju kesempurnaan.  Namun karena kekacauan yang terjadi begitu dahsyat dan tidak semimbang, maka proses yang terjadi pun dahsyat, yaitu suatu bencana! Bagaimana sistem tersebut mencoba untuk setimbang dan menuju kesempurnaan. 

Ketika kesempurnaan itu terjadi dalam proses secara bertahap dan terus memperbaiki dengan baik, maka pencapaian kesempurnaan itu pun melambat.  Bagaimana semua sistem dalam tubuh, baik itu sistem fisika, kimia, biologis berusaha menjadi sempurna yang melambat.  Ingat bahwa setiap reaksi ada aksi dan saling mengimbangi.  Oleh karena itu dampak yang terjadi pun tidak hebat, karena kerusakan pada sistem tersebut tidak besar dan dahsyat! Maka proses yang terjadi pun tidak hebat pula. 

Hal ini berakibat proses menuju kematian ataupun kiamat katastropik itu pun tidak terjadi dalam waktu yang singkat! Oleh karena itu perlu kehati-hatian dalam memelihara sistem biologis kita agar tidak terjadi kekacauan hebat dan penurunan fungsi yang hebat, dimana semua sistem baik fisika, kimia, dan biologis akan bekerja hebat hingga terjadi kesempurnaan yang tiba-tiba. Dimana mekanisme aksi dan reaksi ini pun terjadi dahsyat.  Akibat mekanisme yang dahsyat maka keseluruhan sistem atau tubuh, tidak mampu menahan gejolak letupan energi yang terjadi dengan bersifat masif, dan tidak terstruktur, sebagai akibat komplekitas permasalahan yang terjadi.  Dampak yang hebat ini menyebabkan terjadinya ledakan dahsyat yang terjadi dalam bentuk pencapauan kesetimbangan energi untuk menuju kesemurnaan dalam memperbaiki kekacauan yang terjadi.  Ledakan dahsyat inilah yang dinamakan kematian dalam perwujudan energi yang hidup dan berusaha untuk sempurna.

Dan inilah yang dinamakan kematian mendadak karena penyakit hebat! Karena semua sistem tersebut bekerja untuk menyeimbangkan masing-masing sistem dan sub sistem.  Semua bekerja sama dengan mandiri dan saling mengacaukan! Namun jika dilakukan pemeliharaan yang hebat dan menjaga agar proses dari masing-masing sistem yang bekerja tidak terjadi kekacauan, maka proses penuaan dan kerusakan yang terjadi sebagai akibat proses penuaan akan melambat. 

Oleh karena itu, jika manusia ingin hidup lama maka setiap individu harus menahan semua terjadinya kerusakan yang terjadi pada tingkatan sel, jaringan, organ, dan sistem organ.  Bagaiaman tidak terjadi kerusakan akibat mekanisme reaksi fisik dan mental baik yang terjadi karena dari dalam tubuh sebagai penyakit bawaan, dan atau sebagai akibat interaksi dengan lingkungan.  Hal ini juga perlu dicatat, bagaimana hubungan atau relasi sosial dengan manusia lain pun dapat menyebabkan kerusakan secara psikis yang terdampak pada otak, dimana akan mempengaruhi sistem di bawah kendali otak.  Mekanisme yang komplek dan saling terkait dengan jumlah sistem dan sub sistem berjumlah jutaan di dalam satu tubuh manusia.

Oleh karena itu, amatlah mustahil bagi keilmuan untuk membuat pagar atau pencegahan yang paripurna atas kemungkinan terburuk yang terjadi pada tingkatan terendah, yaitu sel.  Karena sel jumlahnya sangat tak terhingga dan jenisnya pun banyak. Ketika manusia mampu merumuskan cara pencegahan atau meminimalisasikan atas kemungkinan buruk yang terjadi dan kemudian melakukan antisipasi yang terjadi, maka manusia dapat merekayasa dan menunda terjadinya kematian.  Bahkan manusia dapat hidup abadi.  Dan ini pun sudah ada dalam benak manusia bahwa mereka dapat hidup abadi dalam dongeng-dongeng Yunani kuno. Manusia abadi alias Dewa! Tidak dapat mati!

Semua ini adalah mungkin, namun demikian amatlah sulit. Namun tetap mungkin terjadi.  Bagaimana caranya hal ini terjadi dan terwujud? Adalah dengan bekerjasama dengan seluruh rumpun keilmuan yang ada sejak jaman sejarah tercatat dan filsuf pertama muncul dan tercatat berdasarkan hasil pemikiran hebatnya! Hal ini dapat terwujud, jika semua manusia berupaya dengan keras dan saling bekerjasama. Namun untuk saat ini dan kapan pun tidak akan terwujud.  Karena manusa itu memiliki sifat iri, dengki, dendam, dan serakah dimana semua ini adalah alamiah. Sehingga hal ini pun di jaga oleh semesta bahwa hal ini tidak akan terjadi.  Karena tercatat di semua kitab agama yang ada di bumi hingga saat ini, bahwa manusia memiliki akhir, yaitu kematian. 

Lalu, kemanakah enrgi itu pergi? Tidak ada yang tahu. Energi itu lenyap! Entah pergi kemana. Atom dan sub atom itu hilang.  Tak berbekas.  Namun sebagai bentuk energi, dia tidak musnah dan tidak diciptakan ulang.  Energi itu berubah bentuk menjadi energi baru dan mengelana di bumi serta alam semesta. 

Namun perlu diingat, bahwa setiap individu yang mati memiliki jejak pancaran energi radiasi dan gelombang kepada semua benda yang telah berinteraksi dengannya. Bagi manusia lain, hal ini  berwujud dalam bentuk ingatan atau memori. Bagaimana memori itu tertanam dan jika memungkinkan tercatat hingga tidak akan punah atau hilang.  Memori itu terjadi kepada semua individu yang telah berinteraksi selama hidupnya.  Semakin tinggi jabatan dan atribut sosialnya, maka memori itu melekat di banyak orang dan terus hidup dan diturunkan kepada generasi seterusnya. Itulah jejak dari pancaran energi yang berbekas.  Hingga pancaran energi itu pun tetap hidup dan tidak hilang.

Pertanyaan berkutnya belum terjawab. Kemana energi itu berubah dan pergi? Energi itu berada dialam ketiadaan! Alam dimana semua belum tercipta! Alam yang tertutup dari kehidupan dan awalnya terjadi semesta. Alam itu dekat dengan kita.  Ada di sekitar kita.  Hanya dalam bentuk dimensi yang berbeda.  Dimensi ruang dan waktu yang selalu berdampingan dengan kita, menjaga kita, dan terus memperbaiki kekacauan yang terjadi. Alam yang penuh dinamika layaknya alam manusia dan semesta.  Semua itu ada di sekitar kita.  Hanya saja kita tidak peka terhadap hal tersebut.  Karena memang pancaran gelombangnya amat rendah, hingga mendekati nol! Karena energi yang lenyap itu tidak lenyap, hanya turun level energinya.  Tadinya begitu besar dan hebat,namun kini begitu kecil dan tak berbentuk.  Amat kecil hingga tak terdeteksi.  Apapun itu, tidak dapat dideteksi baik oleh manusia dan alat secanggih apapun. Karena ketika terjadi angka nol maka semua sistem kembali kepada awal, bukan suatu akhir. Tetapi memulai proses yang baru, proses dari reaksi kimia, fisika, dan biologi, serta melalui perhitungan matematika yang dahsyat!

Energi itu terus bergerak dan tetap eksis di galaksi dan semesta. Bagaimana cerita energi tersebut selanjutnya di semesta? Hanya pemiliki semesta yang tahu.  Yang jelas, semua energi tersebut berkumpul di suatu tempat dari sejak awal penciptaan semesta.  Dan proses ini terus berlanjut dan menjadi siklus energi di semesta.  Ada yang datang, maka ada yang pergi. Ada yang diam dan ada yang bergerak.  Aksi dan reaksi. Dan semua cerita setelah kematian adalah hasil pemikiran dari filsuf-filsuf hebat sepanjang sejarah, sehingga tetap hidup karena dirasakan masuk akal atau memeneuhi logika sederhana.  Entah logika itu karena dogma agama ataupun hasil olah pikir dari manusia. 

Jadi kematian dan kiamat adalah hal yang pasti dan tidak perlu ditakutkan.  Karena ini adalah suatu 
hal yang wajar dan alamiah.  Suatu proses yang dapat dijelaskan dari keilmuan sains dengan penjelasan konsep energi.  Bagaimana dinamika dari energi itu terjadi dan bagaimana enegi itu berproses dan berkelana sejak awal terbentuknya hingga saat ini. Bagaimana ceritanya nanti? Tidak ada yang tahu. Karena semua memiliki peran dan kontribusi terhadap keseimbangan energi di alam dan semesta.  Kiamat akan terjadi jika telah terjadi kerusakan yang sifatnya masif, komplek, saling terkait, dan tampak sangat kacau! Butuh suatu kekuatan hebat untuk memperbaiki kekacauan yang terjadi.  Dimana pada akhirnya, sistem yang rusak itu akan hancur dalam sekejap ataupun bertahap! Kemudian mekanisme reaksi ini pun  membuatnya menjadi sistem yang baru dimana lebih baik dari sistem sebelumnya.  Sebuah sistem yang mulai dari awal.  Sistem yang lebih baik dan tumbuh dari nol serta terus tumbuh dan juga berkembang.

Inilah akhir dari tulisan saya. Fajar, dimana pun engkau berada sekarang, engkau telah kembali dan bersama dengan pemilikmu.  Berkumpul bersama semua entitas energi dari jaman pencipaan semesta hingga saat ini. Kehidupan yang abadi, karena engkau telah menjadi energi yang murni. Energi yang sama saat engkau ditiupkan kepada sistem biologis dalam rahim ibu.  Tumbuh dan berkambang, dan berhenti saat kematian menjemput.  Sebuah perjalanan sesaat dan sangat singkat.  Namun demikian tulisan ini, membuatmu tetap hidup dalam kenangan setiap orang yang membacanya.     Semoga engkau bahagia di alam sana dan tetap kenanglah kami sebagai teman terbaik yang selalu mengingatmu dalam kebaikanmu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenali Pengertian Stres dan Gejalanya! Awas Jangan Sampai Penanganannya Terlambat

  Waspadai saat mengalami stres ya Sobat PSAK! Karena ini akan berdampak kepada perilaku yang tidak normatif dan produktif. Bahkan merujuk kepada memburuknya kesehatan mental. Saat ini potensi stres penduduk dunia meningkat dengan tajam. Terlebih adanya pandemi   Covid-19 yang belum tahu kapan usia, potensi lock down atau PSBB, dan kerja dari rumah (Work from Home) membuat tekanan fisik dan mental meninggi.   Ini dapat memicu stres yang berkepanjangan. Ilustrasi stres (Foto: Pexels) Secara sepintas stres tampak seperti kelelahan baik fisik dan mental.   Namun jika berkelanjutan dan terjadi dalam jangka waktu panjang akan menjadi stres kronis serta menganggu kejiwaan.   Apa sih pengertian stres? Yuk, kita kenali hal ini lebih dalam sehingga Sobat PSAK dapat mencegah ataupun punya strategi agar Sobat PSAK tidak mengalami stres berlebih. Apa itu Pengertian Stres? Stres adalah respons tubuh kita terhadap tekanan. Banyak situasi atau peristiwa kehidupan yang berbeda dapat menyeb

Kenali Ciri Gangguan Belajar Anak: Waspadai dan Tangani Sejak Usia Sekolah Dasar!

Saat buah hati berusia sekolah dasar, maka mereka seharusnya memiliki kemampuan belajar yang baik.   Kesiapan belajar ini dipersiapkan di usia taman kanak-kanak.   Namun demikian perkembangan otak dan mental anak untuk siap belajar adalah pada umumnya berada di usia 8 tahun ke atas.   Sobat PSAK, sebelum kita membahas kesulitan belajar atau disebut juga gangguan belajar, mari kita dalami apa itu kegiatan belajar. Dalam bahasa Inggris terminologi ini dikenal dengan learning disablity . Namun untuk diagnosa dari masalah ini pada siswa dikenakan istilah learning disorder atau gangguan belajar. Sekilas kegiatan belajar bersifat sederhana dan sepele.  Belajar adalah kegiatan perolehan informasi baru, perilaku, atau kemampuan setelah latihan, pengamatan, atau pengalaman lain.  Kegiatan ini kemudian dibuktikan dengan perubahan dalam perilaku, pengetahuan, atau fungsi otak.  Berdasarkan uraian di atas, maka prinsip dari anak belajar adalah adanya perubahan perilaku, pengetahuan, atau fu

Apa Penyebab Gangguan Belajar? Waspadai Potensi Putus Sekolah dari Anak dengan Gangguan Belajar

    Ilustrasi anak sedang belajar (Foto: Pexels) Jika ditelaah lebih dalam dan sederhana, masalah kesulitan belajar adalah sekelompok masalah fungsi saraf atau berbasis otak yang memengaruhi satu atau lebih cara seseorang menerima, menyimpan, atau menggunakan informasi. Penyebab dari gangguan belajar ini adalah akibat dari berbagai kondisi lho! Hal tersebut mencakup kondisi seperti ketidakmampuan menanggapi secara tepat rangsangan dari indera, cedera di otak, gangguan minimal dari tidak bekerjanya otak secara normal, disleksia (kesulitan membaca), dan kehilangan kemampuan berbicara (afasia) pada perkembangan. Gangguan belajar tidak termasuk masalah yang disebabkan oleh ketidakmampuan penglihatan, pendengaran, atau gerak otot, keterbelakangan mental, gangguan emosional, atau masalah lingkungan, budaya, atau ekonomi.  Uraian ini menekankan bahwa gangguan gangguan belajar terjadi karena adanya masalah pada fungsi penerimaan, pengolahan, dan respon informasi yang dilakukan saraf